Jumat, 17 September 2010

NASKAH - NASKAH YANG LOLOS DAN SEBUAH CERITA TENTANG JODOH

Mengejar atau mencari  jodoh, adalah salah satu hal yang penting dalam hidup kita. Dan sudah pasti, sebagai orang dewasa, kita memiliki banyak pengalaman tentang hal ini. Banyak kisah duka yang berserakan dalam pencarian pasangan jiwa. Tapi, tidak cukup cerita bagus untuk muncul sebagai pemenang. Selain cerita bagus (entah itu lucu, mengharukan, dsb), dibutuhkan cara penceritaan dan penulisan yang bagus pula.



Kenapa beberapa naskah saya tolak dengan sukses? Saya punya beberapa alasan :

   1. Kisahnya terlalu panjang, bahkan ada yang sampai hampir 40 halaman (Woww... kalo saya loloskan bisa2 setengah halaman buku untuk kisah ini doang dong! :)

   2. Kisahnya sama dengan salah satu yang saya loloskan, jadi saya ambil kisah terbaik :) Stttttttt…. Banyak banget kisah yang menceritakan pertemuan dengan teman lama di facebook. Pantas ya facebook On Love-nmya mbak Ifa best Seller. Hehehehehe…. Banyak yang ngalamin euy….
   3. Susunan paragrafnya amburadul bgt (maaf ya). Kalau mengikuti lomba, usahakan diatur dengan baik paragraf dan segala macamnya, biar yang bacanya juga enak. kalo 'kemasannya' saja sudah gk enak, yakin deh, amat susah mencicipi kisahnya :). Yang lebih parah, ada yang nulis pake hurup kapital semua. Ampunnnnnnnnnnnnnnn... hehehehe
   4. Yang Terpilih sudah pasti adalah naskah – naskah yang memiliki keunikan tersendiri, entah itu dari segi penceritaan, kisah ataupun cara penulis menuangkan pengalamannya.
   5. Terlalu banyak kalimat yang bertele-tele dan pembukaan yang membosankan dan tidak menarik

Ini contoh beberapa naskah yang benar-benar berhasil mencuri perhatian saya :





Saya bukannya sudah sangat matang jika saja memiliki keinginan menikah di usia dini. Secara waktu itu nikah dini seolah menjadi trend. Bahkan salah satu sinetron Agnes Monica, ikutan latah diberi judul Pernikahan Dini. Ada lagunya lagi. Padahal kalau tidak mau dibilang membeo, dia bisa mengganti judulnya menjadi Pernikahan Agnes. Tapi siapa mau peduli? (Qonita Musa )

Kata-katanya segar banget bukan? Pasti bikin penbasaran nih kaya apa isinya :)



Seorang kawan pernah bertanya begini, “Siapa istrimu?” Pertanyaan itu saya jawab dengan bahasa yang menurut kawan saya tidak jelas dan menuduh saya bercanda. Tapi sungguh, saat mengatakannya saya tidak sedang bercanda. Waktu itu saya berkata begini: “Saya menemukan dia ketika dia sedang menjelma menjadi bidadari yang sedang menulis puisi di pinggir sungai, dan detik itu juga saya jatuh cinta…” (Hendra Veejay – Misteri)



Gaya klasik, tapi sungguh menawan. Seseorang yang jatuh cinta pada sebuah puisi. Hmmmm.....



Kebencianku bermula dari mengamati tingkah laku laki-laki di lingkunganku. Tak seorang pun bisa aku nilai berhasil memberikan semua tauladan yang baik. Ketidak nyamanan ini, terus berlanjut dengan rasa engganku pada sahabat-sahabat cowok. Mereka, kaum adam, menurutku gemar menyakiti wanita, hobby merokok, dan mabuk-mabukan. (Pik Parwati)



Saya membaca dengan rasa penasaran banget. Bagaimana akhirnya kisah cinta gadis yang membenci laki-laki ini ya? Apakah dia akhirnya menikah dengan sesama jenis. Upsssss....!!! Pissssssssssss....



 “Selamat Ulang Tahun, Semoga senang dengan hadiah ini. Aku harap kamu mau memutarnya sampai ke-100 kalinya buat aku”. Suamiku membaca pesan di sampul kaset itu (Kaset pemberian seorang pria, teman lama). Komentarnya: “Norak banget sih nih cowok?”. Sementara aku senyum-senyum sambil berharap dia akan sedikit cemburu. He he he…

Diam. Ternyata suamiku malah melanjutkan acara beres-beresnya. Cool, biasa saja.

Tiba-tiba suamiku berkata, “Dek, mau nggak aku belikan sesuatu… tapi kamu harus janji mau memutarnya sampai ke-100 kalinya buat aku…?

“Heh?... maksudnya?” aku bingung dengan tawarannya, sambil mencoba meraba perasaannya, apakah dia cemburu?

“Mau nggak niiih?” ulangnya

“Memangnya Kamu mau beliin aku apa sih?”

“Hulahoop…” jawabnya pendek sambil melepaskan tawanya yang membahana….
(Dian Mardi)

Hahahaha... saya tersenyum 10 centi meter baca naskah ini. Kocak tapi hikmahnya dalam banget...





Yang pasti, naskah - naskah yang lolos memiliki keunikan tersendiri, diceritakan dengan runut dan dengan bahasa2 yang segar dan tidak membosankan :). Ya iyalah, bukunya bisa nggak laku ntar :)

Okey... inilah beberapa naskah yang lolos, lainnya besok menyusul ya...

Selamat menulis...



   1. JUmpalitan Mencari Aisyah - Ayyas Alfarizy
   2. Akhirnya - Asmiyati Wahyuningsih
   3. Ikhwan Sejati - Gesang sari Mawarni
   4. Penantian Dua hati - Ardian Perdana
   5. Mutlak Rahasia Illahi - Prima Citra Dewi
   6. Men Are From Mars, Women Are From Venus-
   7. Menanti Sang Pangeran - Yuni Astuti
   8. From Rental With Love -
   9. Kuijabah Dengan Cinta -
  10. Keajaiban Tiba Setelah Berkalang Luka - Ida raihan
  11. Hikmah di Balik Cobaan - Mahdi Idris
  12. Fabio Do'a - Iziera
  13. Kupasrahkan Cinta Ini - Dian Mardi Safitri
  14. Pesan Singkat - Revika Rachmaniar
  15. Cinta Yang Dipungkiri - Pik Parwati
  16. Karenamu Ya Tuhanku - Ahmad Khoirul ZF
  17. Utopis - Yulaika Rozie
  18. Dari Tanah Yang Aku Kagumi - Maryam zakaria
  19. Mak Comblang Nekat - Jazimah Al-Muhyi
  20. Mencari Tulang yang Hilang - Tuffah Jubaidi
  21. Antara Aku, Dia dan Mama - Ummi fikri
  22. Istikhara Hingga hari H - Shabrina WS
  23. Sebuah Mimpi Tentang Rumah - Tri Nursanti
  24. haruskah Gue Benci Married? - Hilal Ahmad
  25. Pangeran Biru Dari Lampung - Naqiyyah Syam
  26. Menanti Pasangan Jiwa - Anne Adzkia
  27. Misteri - Hendra Veejay
  28. Kesholehan Vs Satu Sentimeter - Qonita Musa
  29. Bukan Laila Majnun - Aney Maysarah
  30. Memecah Kode Perjodohan - Syahrizal Bahtiar
  31. Kuukir namamu dalam Istana Cinta - Miyosi Ariefiansyah
  32. Kujadikan Ia penjaga hati - Anfika Noer
  33. Masih Bolehkah Aku menanti? - Rizky Febria
  34. Filosofi Ruang Kosong - Elen Oktafia
  35. Kunamakan Berlari -
  36. Piala cinta - Tia Marty
  37. Perjalanan Cinta -
  38. Nantikanku di Batas Waktu - Anita Lusiya Dewi
  39. Mutlak Rahasia Illahi - Prima Citra Dewi
  40. Mengejar Ikhlas - Titin Supriatin Sutomo
  41. Menanti Sang Pangeran - Yuni Astuti
  42. Jodoh Dari Syurga - Riya Adz Dzaki
  43. Sepucuk Do'a dan Hanya Itu Yang Kupunya -
  44. Hikmah di Balik Cobaan - Mahdi Idris
  45. Dosen Itu memberiku Nilai A -
  46. Ikhwan Pilihan Allah -

SEMUA YANG LOLOS HARAP KIRIM BIODATA DESKRIPTIF SECEPATNYA YA....

YANG BELUM AKU CANTUMIN NAMANYA HARAP SEGERA KONFIRMASI

MAKASIH SEMUANYA...

MOHON MAAF KEPADA YANG BELUM JODOH. SEMOGA BERJODOH UNTUK LOMBA LAINNYA



TUNGGGUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU....

SEDIKIT TIPS KALO MAU MENGIKUTI LOMBA :

   1. LIHAT TEMANYA BAIK-BAIK. JANGAN SAMPAI TULISANMU KELUAR DARI TEMAN. BANYAK LO DI LOMBA INI YANG MENULIS DI LUAR JALUR. SEPERTI CERITANYA MALAH TENTANG KEHIDUPAN RUMAH TANGGA :). PADAHAL LEBIH DITEKANKAN PADA SAAT BERTEMU JODOH :)
   2. SISIPKAN BIODATA DI NASKAH KALAU VIA EMAIL. JANGAN BIARKAN PANITIA KEHILANGAN IDENTITASMU (DI MENGEJAR JODOH BANYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKKKKKKK BGT 'NASKAH YANG TANPA IDENTITAS LHO?
   3. BERIKAN NAMA YANG JELAS UNTUK NASKAHMU. CONTOHNYA MENGEJAR_JODOH_MAYSARAH. KALO NAMA FILEMU MENGEJAR JODOH SAJA, BISA SAYA PASTIKAN AKAN BANYAK YANG MENAMAKAN FILE SAMA DENGAN PUNYAMU, DAN KEMUNGKINAN BESAR KETIKA DIDOWNLOAD PANITIA AKAN SALING MENINDIH :). NGGAK MAU KAN NASKAHMU HILANG SEBELUM DIBACA?!



SALAM



AKHI DIRMAN AL-AMIN

7 komentar:

yulaika pecinta sastra mengatakan...

Asalamulaikum.
Akhi YDA, apakah buku antologi cerpen tentang jodoh sudah beredar?
Lalu mengapa tdk ada konfirmasi kpd para nominasi?

Wasalam.

Yulaika Rozie
Di Medan

Akhi Dirman Al-Amin mengatakan...

Waalaikumsalam
saat ini saya msh mencari penerbit yang cocok mbak. Harap bersabar ya... jika sudah mau terbit pasti sebelumnya sy kabarin. Saat ini mmg blm ketemu 'jodoh' penerbit yang tepat. salam...

yulaika pecinta sastra mengatakan...

Iya Mas, Jazakillah,
Ditunggu informasinya ya?

Akhi Dirman Al-Amin mengatakan...

mencari penerbit itu sulit. saya pikir itu yg harus kita pahami bersama :)

yulaika pecinta sastra mengatakan...

Fahimii.
Terima kasih!

aku bangga menjadi guru mengatakan...

ass.wr.wb.
afwan akhi, sy baru buka blog nih...ternyata ada naskah sy di antara yg lolos. sy ketinggalan berita ya! gmn dgn biodata, masih dibutuhkan kah? kalo masih, ke mana sy kirim?
thanks atas phatiannya. moga cpt dapet JODOH dgn penerbit ya...
salam kreaif n tetap smangadth!

Akhi Dirman Al-Amin mengatakan...

Jejak Langkah :
ini siapa ya?